“KITA BEROLEH PENEBUSAN” (Dipilih Bagi Kemuliaan Allah Bapa) – EFESUS 1:7-8

Bahan KPW “Interdependensi dalam Kehidupan Bergereja”: Pelajaran 4 | Yosia Wartono & Rina Endah K. Wartono

Paulus memberi penjelasan kepada jemaat Efesus bahwa mereka telah memperoleh penebusan dalam Kristus melalui darahNya yang membasuh dan menyucikan dari segala dosa. Jadi setiap orang yang percaya sudah diampuni segala dosanya. Tidak semua orang dapat mengerti begitu besar kasihNya bagi kita yang dinyatakan melalui karya penebusan Kristus.

Pertama, Oleh Darah Kristus Kita Beroleh Penebusan.

Dalam ayat 7a, Paulus menjelaskan bahwa “Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan.” Kata “penebusan” digunakan untuk menjelaskan bahwa sebelum percaya kepada Kristus, kita berada di bawah kuasa dosa. Sehingga setiap orang yang percaya kepadaNya bukan lagi menjadi hamba dosa, melainkan sudah menjadi milik Kristus, dan sepatutnya mengabdi kepada Kristus. Jadi, Paulus menegaskan karena kita sudah ditebus oleh darah Kristus, maka kita sudah terbebas dari belenggu dan kuasa dosa di dalam hidup kita.

Kedua, Kita Beroleh Pengampunan Dosa Menurut Kekayaan Kasih Karunia-Nya

Paulus juga menyatakan bahwa penebusan dari dosa juga dapat berarti pengampunan segala dosa: “Sebab di dalam Dia dan oleh darah-Nya kita beroleh penebusan, yaitu pengampunan dosa” (Ef. 1:7). Paulus bermaksud untuk meyakinkan jemaat Tuhan di Efesus bahwa dosa-dosa mereka sudah diampuni. Juga bagi kita orang percaya, setiap dos akita sudah diampuni melalui penebusan dosa di dalam Kristus Yesus.

Keyakinan tentang pengampunan dosa ini menjadi hal yang penting bukan hanya untuk Kesehatan rohani, melainkan juga bagi kesehatan mental. Tidak sedikit orang yang terjebak di dalam rasa bersalah yang menghantui dirinya. Oleh sebab itu, Paulus memberikan penjelasan bahwa segala dosa kita sudah diampuni berkat kasih dan anugerah Allah.

Ketiga, Kekayaan Kasih Karunia Allah Dilimpahkan Kepada Kita Dalam Segala Hikmat Dan Pengertian

Paulus juga menjelaskan bahwa penebusan dan pengampunan dosa juga menjamah hikmat dan pengertian kita, sehingga setiap orang yang percaya dapat menjalani hidup sehari-hari berpadanan dengan maksud dan kehendak Allah. Hal tersebut dapat terjadi ketika orang percaya menyadari bahwa hidupnya sudah ditebus, dan dikendalikan oleh Allah. Maka sudah semestinya orang percaya ketika menyadari dirinya sudah ditebus dan diampuni dosanya, hidupnya kudus dan tidak bercacat di hadapan Allah.

KESIMPULAN

Setiap orang percaya telah memperoleh penebusan dalam Kristus oleh karena darahNya yang telah membasuh dan menyucikan dari segala dosa kita. Tidak hanya memperoleh penebusan, akan tetapi juga memperoleh pengampunan atas setiap dosa dan pelanggarannya. Kita sudah bebas dari setiap kuasa dosa yang sebelumnya membelenggu kita. Maka sudah seharusnya kita dapat hidup kudus dan tidak bercacat di hadapan Allah Bapa kita.

Dapatkan materi KPW Pelajaran 4 (pdf) melalui tautan berikut:

KPW_Pelajaran 4_Kita Beroleh Penebusan

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *