Penundaan MUBES XI, SK Bamusnas dan Pesta Umat 2021

Baptis Talks yang membahas tema MUBES XI telah dilaksanakan pada tanggal 17 November 2020 di STBI Semarang. Tujuan diadakannya Baptalks daring ini adalah untuk memberikan informasi dan mensosialisasikan kepada seluruh umat Baptis terkait surat keputusan penundaan MUBES XI dan rencana Pesta Umat Baptis yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 mendatang.

Baptalks daring melibatkan lima narasumber yaitu Pdt. Royo Haryono (BPN GGBI), Pdt. Paul Kabarianto (Bamusnas GGBI), Dr. Gatot Gunarso (pembina YBI/YRSBI), Pdt. Raymond Danny Wahyudi (Panitia Pengarah Mubes XI), dan Pdt. Eddy Sujarwo (Panitia Pelaksana Mubes XI). Sedangkan Pendeta Teo Pilus Arisandie menjadi moderator.

“Seharusnya MUBES XI atau Musyawarah Umat Baptis Indonesia ini dilaksanakan pada 24-27 Maret 2020, tapi karena adanya pandemi Covid-19, kami BPN GGBI bersama dengan para panitia yang terlibat mengambil langkah yang terbaik yaitu melakukan penundaan pelaksanaan MUBES tahun 2020 ini, sembari mengevaluasi berdasarkan situasi darurat yang dikeluarkan oleh organisasi kesehatan dunia (WHO)”, ucap Pendeta Royo Haryono.

Pendeta Raymond Danny Wahyudi mengatakan “Dari panitia pengarah yang dibentuk oleh Badan Pengurus Nasional (BPN) GGBI sudah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan, tema, tata tertib pelaksanaan Mubes, bahkan kami sudah mensosialisasikan MUBES XI ini. Tema MUBES XI yaitu GGBI Bersama Menabur Damai Sejahtera yang diambil dari Yohanes 20 : 21.”

Selain menentukan tema MUBES XI, bentuk sosialisasi yang dilakukan oleh tim panitia pengarah adalah dengan memberikan bahan dalam bentuk buku yang memuat tata tertib Musyawarah Besar XI, revisi Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, serta Visi Misi 2040 untuk gereja-gereja Baptis se-Indonesia berisi tentang misioner, sehat dan, relevan dengan tujuan untuk melaksanakan penginjilan, pendidikan, dan juga sosial.

Pendeta Eddy Sujarwo mengatakan “Sebenarnya MUBES XI ini sudah kami persiapkan dalam waktu sekitar tiga tahun yang lalu. Sebanyak 602 orang telah mendaftarkan diri sebagai peserta MUBES XI dan kami juga sudah mempersiapkan panitia dengan sebaik mungkin sesuai dengan arahan dari BPN. Tapi karena adanya pandemi Covid-19, mengharuskan Musyawarah Besar XI GGBI dengan target 1.200 orang ditunda, guna meminimalisir terjadinya penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatan lain, David Vidyatama selaku Sekretaris Jenderal BPN GGBI juga mengungkapkan, “rencana pelaksanaan pada bulan Agustus 2021 bertepatan dengan hari ulang tahun emas GGBI, kita akan melaksanakan MUBES XI dan Pesta Umat Baptis. Nantinya kita akan bermusyawarah, sekaligus bersyukur dan bersukacita bersama dengan melibatkan Umat Baptis Indonesia karena Tuhan sudah dan terus memakai semua Gereja-Gereja Baptis, dan lembaga-lembaga untuk melaksanakan Amanat Agung Tuhan Yesus”.

Berdasarkan musyawarah koordinasi pimpinan nasional GGBI yang terdiri dari BPN, Bamusnas dan YBI/YRSBI, maka dikeluarkan surat keputusan Bamusnas mengenai Pelaksanaan MUBES XI dan Kelangsungan Organ GGBI hingga Agustus 2021. BPN GGBI tetap akan menjalankan mandat tugas untuk tetap melangsungkan MUBES XI dan Pesta Umat Baptis pada Agustus 2021 mendatang dan masa bakti organ GGBI diperpanjang hingga terselenggaranya Mubes XI GGBI. (SS)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *